Rabu, 19 Oktober 2016

TIPS PENTING: CARA TERBAIK BELAJAR LISTENING BAHASA INGGRIS

Tahukah kamu bahwa banyak orang menganggap listening merupakan skill yang paling menyulitkan? Faktanya, dari beberapa survei yang diadakan, listening memang menjadi momok tersendiri bagi para pembelajar bahasa Inggris. Padahal, dalam praktiknya, skill ini tentu penting dan vital digunakan. Lalu, bagaimana sebaiknya kamu mempelajari listening agar mencapai hasil maksimal?

Sama halnya dengan skill bahasa Inggris lainnya, kemampuan listening bisa diperoleh secara adaptif jika kamu terbiasa mendengar percakapan bahasa Inggris. Namun, perlu diingat, dalam listening, kegiatan mendengar harus disertai dengan kegiatan menyimak. Demi meningkatkan kemampuan ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

“Paksalah” dirimu sendiri untuk menjadi terbiasa dengan bahasa Inggris. Dengarkan bahasa Inggris sebanyak-banyaknya, sambil menyimak dan memahami apa yang kamu dengar. Kegiatan ini bisa kamu lakukan dengan mudah, melalui lagu, film-film berbahasa Inggris, atau podcast. Setelah membiasakan diri dengan bahasa Inggris, cobalah untuk menambah vocabulary-mu. Catat kata-kata yang asing bagimu, lalu pelajari. Tirukan pola pelafalannya (pronunciation) dan tata bahasa yang digunakan (grammar).

Manfaatkan gadget atau smartphone yang kamu punya juga, ya! Isilah perangkatmu dengan konten berbahasa Inggris. Semakin sering kamu melakukan cara seperti ini, kamu akan semakin terbiasa mendengar, menyimak, dan memahami tuturan dalam bahasa Inggris. Akibatnya, listening pun tidak lagi menjadi monster yang mengerikan untuk dipelajari. Selamat mencoba!

#TerimakasihJKLN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar