Selasa, 11 Oktober 2016

10 TIPS MENJADI MAHASISWA BARU


Kali ini kita akan membahas 10 tips menjadi mahasiswa baru. Namun, sebelumnya tulisan ini bukanlah bermaksud mengajarkan kepada teman—teman. Melainkan ini hanya merupakan sekumpulan pendapat saja.
1.      Rumuskan cita-cita kamu
Tujuan kamu kuliah apa? Mengejar cita-cita mungkin merupaka salah satu tujuan kuliah kita. Awal masa perkuliahan merupakan titik awal yang sangat menentukan masa depan kuliah kamu. Merumuskan kembali cita-cita kamu adalah hal yang sangat penting sebagai awal kesuksesan kamu di universitas. Jika mungkin awalnya kamu kesulitan menentukan pilihan progam studi kamu, maka cita-cita akan sangat membantu dalam memilih progam studi yang tepat. Jika sudah dapat progam studi yang cocok, sekarang kembali berfikir, jika kuliah sudah selesai, saya akan jadi apa? Agar tidak salah, rumuskanlah kembali cita-cita kamu sejak awal.

2.      Targetkan IP kamu sejak awal
Sebagai mahasiswa baru, mungkin kamu belum mengenal yang namanya IP. IP adalah singkatan dari indeks prestasi, hasil akademik kamu selama satu semester. Ada juga dikenal istilah IPK [indeks prestasi kumulatif] yang merupakan gabungan IP IP setiap semester. Sebagai mahasiswa baru menargetkan IP sejak awal akan membantu kamu memjadi mahasiswa yang hebat. Sesuaikanlah dengan cita-cita yang kamu rumuskan, jika kamu ingi lanjut di program S2 yang berkualitas, maka IP tinggi adalah harga mati. Tapi jika kamu hanya ingin menjadi politikus, yang lebih suka berorganisasi IP yang secukupnya saja, asalkan lulus tentunya.

3.      Ikutilah banyak seminar di kampus
Di kampus tidaklah seperti di sekolah. Jika di sekolah hanya ada beberapa organisasi saja, maka di kampus kamu dapat menemukan sangat banyak organisasi.misalnya kalau di kampus penulis ada yang namanya Lingkar Studi Ilmiah dan Penalaran (LSIP), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Himpunan Mahasiswa Prodi Tertentu, Organisasi organisasi islam, dan lain lain. Biasanya, organisasi organisasi seperti itu sering mengadakan seminar-seminar. Jika ada , ikutilah banyak seminar-seminar. Di sana kamu akan banyak menemukan ide-ide untuk bisa kamu kembangkan dikampus.

4.      Pandai memilih teman baru
Memilih teman juga merupakan kunci keberhasilan kamu dikampus. Memilih teman, berarti kamu memilih masa depan kamu. Yakin saja, kamu akan kesulitan menjadi mahasiswa hebat jika kamu tidak berteman dengan orang yang hebat pula. Begitupun sebaliknya, kamu akan kecipratan ilmu jika kamu berteman dengan orang-orang yang rajin belajar. Ya, pilihlah teman baru yang baik, berkualitas, karena itu sedikit banyak akan sangat mempengaruhi pribadi kamu. Sekali lagi, memilih teman, berarti memilih masa depanmu.

5.      Kurangi kebiasaan bergadang
Nah, ini biasanya sangat sulit dihindari mahasiswa baru. Bergadang memang tidak dapat dihindari, apalagi jika kamu masuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. Menurut pengalaman, mahasiswa MIPA di semester awal akan diserang oleh tugas praktikum yang sangat padat. Ini biasanya membuat banyak mahasiswa terpaksa bergadang. Padahal bergadang sangatlah buruk untuk kondisi tubuh saat perkuliahan. Sebaiknya minimalkan waktu bergadang kamu, caranya mudah saja, kamu dapat mengerjakan semua di saat waktu luangmu di siang hari. Percepatlah makan, mandi, dan kurangi waktu main game, facebook dan jalan-jalan. Pergunakan waktumu dengan sebaik-baiknya

6.      Temukan cara belajar yang ideal
Ini juga merupakan kunci kesuksesan kamu di dunia kampus. Tipa orang memang memiliki banyak cara belajar efektif yang berbeda-beda. Ada yang suka belajar di malam hari, ada yang suka belajar pada tengah malam sampai subuh. Eksplorasikanlah terus cara belajarmu, coba semua gaya belajar yang kamu tahu, sampai kamu menemukan cara belajar yang paling baik buat dirimu sendiri. Jika sudah, gunakan terus gaya belajar itu dan sukseslah menjadi mahasiswa

7.      Jangan gegabah mengikuti organisasi
Organisasi memang penting buat kita, apalagi di kampus. Begitu banyak macam organisasi yang ada di kampus. Dalam mengikuti organisasi, sebaiknya kamu pertimbangkan dulu, jangan gegabah. Kembali ke tujuan awalmu, apakah kau ingin mendapatkan IP yang tinggi? Waktu belajar wajib ada buat kamu. Oleh karenanya, pilihlah organisasi yang sekiranya tidak mengganggu waktu belajar kamu.

8.      Bersenang-senanglah sesekali
Sebagai mahasiswa baru, kamu mungkin sangat merasakan perbedaan antara cara belajar waktu kamu di SMA dengan cara belajar di dunia perkuliahan. Bagitu banyak tekanan yang akan kamu hadapi dalam masa perkuliahan awal kamu, mulai dari tugas-tugas yang menumpuk, jadwal ujian yang padat, aktivitas organisasi, dan lain-lain. Saat pressure begitu banyak, kamu tentu saja memerlukan kegiatan bersenang-senang. Tapi cobalah kebiatan fun yang berbeda dari kebiasaan kamu waktu SMA. Jika waktu SMA kamu suka bersenang-senang ke mall, maka sekarang cobalah dengan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya olahraga, dll.

9.      Jangan cepat down
Dalam dunia kampus, memang sering timbul masalah-masalah yang sangat tidak terduga sebelumnya. Begitu banyak kesulitan-kesulitan yang kamu akan hadapi. Tapi sebaiknya kamu tetap tenang, anggap saja kesulitan-kesulitan kamu itu sebagai pelatihan akan dirimu yang terus berkembang. Ingat, seseorang bisa menjadi hebat karena banyak belajar dari masalahnya. Oleh karena itu, jadikanlah masalah sulit bagimu itu sebagai guru bagi kamu menuju arah perbaikan. Jika kamu selalu mendapatkan yang gampang-gampang saja, maka kamu tidak akan berkembang. Kemampuan kamu akan segitu saja. Jadi, tetap tenang dalam menghadapi masalah sesulit apapun.

10.  Rajin olahraga
Masalah yang sering di hadapi dalam masa perkuliahan adalah badan loyo dan mengantuk. Mungkin tidak semua mengalami, tapi yakin saja paling tidak satu kali kamu pernah mengalaminya. Rajin olahraga, tentu saja akan membantu kamu menhilangkan rasa kantuk saat perkuliahan. Biasakanlah olahraga ringan, misalnya lari pagi, kamu akan merasakan kebugaran  tubuh kamu. Dengan demikian, perkuliahan kamu akan berjalan dengan menyenangkan.

Nah, itu dia 10 tips menjadi mahasiswa baru, semoga bisa bermanfaat dan dapat di praktekkan di kehidupan perkuliahanmu~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar