Minggu, 25 Desember 2016

Yuk Periksa Lidah Kita

Guys, taukah kalian? Bahwa lidah adalah salah satu organ tubuh yang dapat dilihat perubahannya jika tubuh kita mengalami sesuatu. Mau tau apa aja yang dapat dilihat? Yuk cek


1. Lidah berwarna Merah
Ketika suhu tubuh melonjak, maka papila akan membengkak sehingga lidah terlihat berwarna merah. Perubahan warna ini mungkin juga disebabkan oleh demam berdarah, kekurangan folat, kekurangan vitamin B3 dan B12, atau akibat Sindrom Kawasaki. Untuk mengatasi gangguan ini, cukupi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.
Namun, perubahan warna lidah yang disertai nyeri dan bengkak sehingga sulit untuk makan atau berbicara mungkin sebagai pertanda glossitis, yaitu peradangan akibat infeksi, dehidrasi, reaksi alergi, dan lainnya. Untuk memastikannya, periksakan ke dokter.

2. Lidah Berwarna Ungu
Mengkonsumsi makanan dingin dapat menyebabkan lidah menjadi berwarna ungu. Namun, warna ungu pada lidah juga dapat menunjukkan adanya bronkitis kronis maupun kadar kolesterol yang tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, perbanyak makan bawang putih dan jahe. Lidah ungu juga menjadi indikasi terjadinya demam dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Jika warna ungu merata pada lidah, maka menunjukkan organ tubuh bagian dalam mengalami panas berlebih. Mungkin saja perubahan ini akibat penyakit liver.

3. Lidah Berwarna Kuning
Warna kuning pada lidah dapat menunjukkan adanya pembentukan ragi atau infeksi bakteri. Jika warnanya bercampur dengan hijau, maka infeksi bakteri telah parah. Secara umum, warna kuning pada lidah merupakan indikasi panas tubuh yang berlebihan. Faktor penyebab yang paling umum adalah nikotin, makanan pedas, atau dampak stres yang berlarut-larut.

4. Lidah Coklat
Salah satu tanda awal dari kanker kulit yang disebut melanoma adalah perubahan warna lidah menjadi kecoklatan. Jika warnanya semakin gelap, segera konsultasi dengan dokter.

5. Lidah berwarna Biru
Warna biru pada lidah timbul sebagai akibat darah yang dingin atau aliran sangat lambat. Ketika warna biru bercampur ungu, artinya kondisi buruk ini makin parah.

6. Lidah Hitam
Waspada ketika warna lidah berubah menjadi hitam. Perubahan warna ini bisa dipicu oleh gejala diabetes, penggunaan antibiotik, atau kesehatan mulut yang buruk. Kemungkinan paling ringan adalah bakteri yang terjebak di lidah, sehingga menimbulkan bercak hitam.

7. Bercak Putih Pada Lidah Penyebab lidah timbul bercak putih adalah sariawan, dehidrasi, infeksi jamur oral, atau leukoplakia (sel-sel permukaan lidah tumbuh secara berlebih). Perbanyak minum air dan jaga kebersihan mulut anda, untuk mengatasi masalah ini. Lidah berwarna putih juga sering menjadi pertanda gejala tipus, flu, gangguan pada saluran cerna, atau anemia. Jika bercak putih tidak tebal, menunjukkan tubuh kekurangan darah. Warna pucat dan timbul lapisan lemak, artinya tubuh mengalami kedinginan atau gejala flu. Hati-hati terhadap bercak putih yang tebal, mungkin kondisi ini akibat gangguan reproduksi. Jika bercak putih tidak segera hilang selama 2 minggu, segera periksakan diri ke dokter. Bercak putih yang tidak hilang selama sebulan lebih dapat menunjukkan adanya kanker berbahaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar