Sabtu, 03 Desember 2016

Tips Mengatasi HP yang Hilang

Hati-hati yang suka teledor kalo naro hp, gue kasih tips mengatasi hp yg hilang.
Gue tadi abis kekantor gojek, trus gue parkir karena dia bilang jgn dikunci stang gue pede naro hp di box motor trus gue masuk kekantor gojek, kelar gak ada 5mnt gue balik lagi trus gue cabut dari situ. Begitu sampe rumah gue inget hp gue gak ada. Gue gak terlalu panik karena gue tau pasti pelakunya tukang2 parkir yg ada disitu. Gue telfon kan hp gue awalnya aktif trus keduanya gue telfon lagi ternyata gak aktif, langsung cepet2 gue ke lokasi sana sambil lacak hp ternyata lokasi trakhir tepat ditempat duduk tukang parkirnya.
Gue disitu nanya2 hp, dia selalu dgn jawaban yg sama "Gak tau" padahal gue pede 100% dia yg ngambil, sambil ngobrol2 gue jelasin kalo hp masih disitu sengaja di simpen dihp biar motor hilang bisa dilacak karena ada hpnya jadi bisa ke lacak kemanapun dia pergi, selang waktu 40-60mnt dia bilang ada hp dibawah ban motor org lain, gue yg niatnya mau marah jadi gak enak juga karena gue pikir dia masih mau balikin udah alhamdulillah bgt buat gue. Anehnya gue taro tepat diujung box motor gak akan bisa jatoh kalo dipindahin motornya, dan mungkin dia balikin karena efek takut karena gue bilang hp mati sekalipun bisa gue lacak.
Dari kejadian di atas gue niatin buat kasih tutorial ngelacak hp yg hilang biar lu gak panik2 bgt kalo hp hilang

- Pastiin lokasi hp dalam keadaan "Akurasi tinggi"
> Caranya? Buka Aplikasi Setting/Pengaturan/Setelan lalu lokasi>ubah lokasi keakurasi tinggi.
- Pastiin kalo yg tercantum gmail itu hp yg ingin dituju
> Caranya > Buka aplikasi Setting>lokasi>histori lokasi>ceklis nama device hp yg ingin ditautkan ke gmail.
- Pastiin Pengelola Perangkat Android aktif
> Caranya buka aplikasi setting, masuk ke keamanan pilih administrator perangkat, ceklis Pengelola Perangkat Android.

Ketika hp ilang lakuin cara ini;
- Buka browser ketik Device Manager atau klik link ini> https://www.google.com/android/devicemanager lalu login
- Lacak Gps nya, mau bunyikan hpnya klik "Deringkan" < Cara ini di mode sillent pun tetap berjalan atau tetap bunyi dgn suara yg keras, kalo mau kunci android klik kunci lalu masukan kata yg akan tampil, contoh "BALIKIN DOSA NGAMBIL BUKAN HAK NYA" lalu isi password, password untuk membuka layar nantinya trus masukan nomor hp yg tercantum di gmail atau di hp. Saran kalo bisa nomor hp tercantum di hp ditautkan dulu ke gmail guna mencegah kalo sebenarnya hp dan gmail harus sepaket dgn nomor itu.

Cara kedua;
- Kalo lokasi tidak ditemukan ketika dilacak, mungkin efek hpnya udah dimatiin duluan sama pelaku, coba liat histori lokasi trakhir perangkat berhenti
> Caranya buka browser lalu ketik "Histori lokasi google" atau klik ini > https://maps.google.com/locationhistory/b/0
lalu login trus pilih tanggal terkini biar yg diliat hanya dihari kejadian aja/pas hp ilang.

Cara itu udah cukup mengatasi hp yg hilang.
Semoga gak hilang sih doa gue, dan semoga ketika hilang cara ini membantu yak.

Good luck!

Oleh : M. Zaelani Sapoetra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar